Tingkatkan Layanan dan Skala Bisnis, Bank Jateng Gandeng BRI

Semarang – Industri perbankan saat ini kian menghadapi tantangan dalam melaksanakan fungsi intermediasi kepada masyarakat. Adanya pergeseran preferensi masyarakat pada layanan perbankan, dari layanan perbankan konvensional menjadi layanan digital yang modern, cepat, aman dan nyaman. Oleh karena itu, para pelaku perbankan harus bergerak cepat dan berinovasi untuk mendorong perluasan pasar perbankan secara nasional seperti memperkuat perdagangan bebas ASEAN (AFTA) untuk menuju masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang akan terintregrasi pada tahun 2020. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong adanya kerjasama strategis antara Bank BUMN dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) seperti yang dilakukan saat ini kerjasama antara Bank Jateng dan Bank BRI.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan bahwa “kerjasama ini akan diperluas hingga terbentuk sinergi penguatan sistem perbankan untuk mengantisipasi persaingan global, penguatan literasi perbankan yang memperkaya jasa layanan perbankan dan layanan lainnya,”

Bank Jateng sebagai Banknya Orang Jawa Tengah, melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding Bank Jateng dengan Bank BRI tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan dan Penerbitan Kartu Co – Branding Brizzi – Bank Jateng yang dilaksanakan di Kantor Pusat Bank Jateng, Semarang, (02/05).

Kerjasama tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno dengan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto, disaksikan oleh jajaran manajemen dari kedua belah pihak. Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan bahwa “Kerjasama ini akan meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat di Jawa Tengah. BRI akan menyediakan layanan yang menyeluruh dan terintegrasi untuk Bank Jateng, dalam rangka meningkatkan potensi bisnis,” ungkap Supriyatno.

“Sinergi Bank Jateng dengan Bank BRI kedepan akan memperdalam pasar dan meningkatkan penetrasi bisnis produk perbankan yang siap menunjang kelancaran operasional Bank Jateng, salah satu di antaranya penyediaan Cash Management System (CMS) untuk Bank Jateng,” kata Supriyatno.

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto mengatakan bahwa “Bank BRI juga siap membantu Bank Jateng untuk meluncurkan kartu kredit dan uang elektronik melalui kerjasama co-branding. Ini salah satu fasilitas yang kami berikan kepada Bank Jateng untuk menyerap potensi pasar di Jawa Tengah,” ungkap Suprajarto.

Bank Jateng dapat menggunakan slot satelit milik BRI untuk memperkuat jaringan dan layanan perbankannya di daerah operasinya. selain itu kerjasama di bidang teknologi informasi, kredit, jaringan layanan ATM, layanan transaksi secara host to host.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bank BRI karena memberikan kesempatan untuk melakukan pertukaran sumber daya manusia (SDM) melalui Bidang Capacity Building berupa pemagangan pegawai, seminar, dan pendidikan/ training di BRI Coporate University,” ujar Supriyatno. “Tidak hanya kerjasama dalam bisnis, kerjasama ini juga menyiapkan dalam bidang ke SDM-an, dalam rangka meningkatkan skill dan kapasitas masing-masing SDM khususnya Bank Jateng untuk menghadapi era persaingan industri perbankan Indonesia, “ ungkap Supriyatno.

Supriyatno mengaku bahwa kerja sama kedua pihak akan terus diperluas. Dia berharap kerjasama tersebut dapat membentuk sinergi penguatan sistem perbankan untuk mengantisipasi persaingan global, penguatan literasi perbankan dan memperkaya layanan jasa perbankan.