Sinergi Bank Jateng-BNI siapkan Kartu Semarang Hebat makin bermanfaat

Kabar gembira bagi warga pemilik Kartu Semarang Hebat. Pasalnya, Bank Jateng bersinergi dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memberikan layanan dan fasilitas pembayaran non tunai untuk mensukseskan program Smart City Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang tersebut.Kerjasama nota kesepahaman (MoU) tentang Co-Branding Kartu Semarang Hebat itu ditandatangani Direktur Operasional dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Hana Wijaya dengan Direktur Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati di Kantor Bank Jateng cabang koordinator Surakarta, Kamis (16/2) sore.Direktur Operasional dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Hana Wijaya mengatakan, pada tahap awal Co-Branding Kartu Semarang Hebat dapat digunakan penghuni rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di ibukota Jawa Tengah tersebut untuk membayar sewa.

“Selama ini pemegang Kartu Semarang Hebat diberikan kemudahan oleh BNI dengan layanan sewa rusunawa. Tahap berikutnya, pemegang kartu Co-Branding ini juga bisa menggunakan untuk kepentingan lain, yakni pembayaran sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. Jadi memudahkan si pemegang kartu ketika membayar sewa atau naik BRT,” kata Hana.

Dijelaskan, alat transaksi pembayaran non tunai secara real time dengan sistem online itu juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah Pemkot Semarang. Jumat pagi (17/2) , peluncuran dilakukan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang.

“Tahap berikutnya, kami juga mengembangkan kartu ini untuk parkir on the street. Kedepan, pembayaran seperti pajak restoran dan cafe, pelayanan pelabuhan dan bandara, atau pajak-pajak lain yang berhubungan dengan perda daerah bisa dilayani dengan Kartu Semarang Hebat. Karena, kartu ini bukan hanya alat pembayaran non tunai, tapi juga dikoneksikan dengan sistem data base sebagai identitas masyarakat Semarang,” jelas Hana.

Hal senada juga disampaikan Direktur Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati. Ia menambahkan, Kartu Semarang Hebat bermula dari keinginan Wali Kota Hendrar Prihadi yang membangun Smart City untuk mengetahui semua pemasukan daerah secara real time.

“Tidak memaksa untuk menabung. Mudah top up-nya. Bisa di semua gerai BNI maupun Bank Jateng. Selain kartu ini berfungsi sebagai pembayaran, juga sebagai identitas warga Semarang. Kalau di DKI itu seperti kartu Jakarta One,” imbuh Adi Sulistyowati.