Sasar Konsumen Kampus, Bank Jateng Buka Kantor Kas di Unimus

Semarang, ANTARA JATENG – Bank Jateng mulai menyasar segmentasi konsumen dari kalangan civitas akademika kampus, salah satunya dengan membuka Kantor Kas Syariah di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

“Kami memang sudah bekerja sama cukup lama dengan Unimus,” kata Direktur Operasional dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya, usai Peresmian Kantor Kas Syariah Bank Jateng di Unimus, Semarang, Rabu.

Bentuk kerja sama itu, kata dia, di antaranya dalam pendanaan kampus baru, termasuk pembangunan rumah sakit (RS) dengan kucuran dana sekitar Rp20 miliar, tetapi sejauh ini baru Rp1 miliar yang dipergunakan.

Dengan adanya kantor kas di Unimus, ia berharap kerja sama yang selama ini sudah terjalin antarinstitusi bisa meluas ke civitas akademika, baik dosen, karyawan, dan mahasiswa, termasuk masyarakat sekitar.

“Jadi, bukan cuma institusinya (yang kerja sama), tetapi juga civitas akademika yang lainnya. Termasuk, potensi yang bisa digali dari lingkungan sekitar yang terdapat banyak perumahan besar,” katanya.

Saat ini, Bank Jateng Syariah telah memiliki 165 jaringan kantor di seluruh Jateng, terdiri atas empat kantor cabang syariah, sembilan kantor cabang pembantu, tujuh kantor kas syariah, dan 145 layanan syariah.

Diakuinya, selama ini Bank Jateng terus mengikuti kiprah Muhammadiyah yang cukup menonjol di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah-sekolah, serta bidang kesehatan dengan mengembangkan klinik dan RS.

“Tidak hanya di Semarang, tetapi termasuk pula dengan yang ada di Surakarta, Purwokerto, Brebes, kemudian Tegal juga sedang berjalan. Sekolah dan RS ini merupakan industri yang terus didorong untuk tumbuh,” katanya.

Maka dari itu, Hanawijaya menilai tepat jika kalangan perbankan hadir untuk ikut berpartisipasi dalam pembiayaannya, termasuk kerja sama dengan Unimus yang akan diperluas hingga pembayaran uang perkuliahan.

Sementara itu, Rektor Unimus Prof Masrukhi membenarkan Bank Jateng merupakan salah satu mitra Unimus, terutama untuk unit usaha syariahnya dalam membantu pembiayaan pengembangan kampus agar lebih maju.

“Ya, tentu saja harapan kami tidak hanya mitra kelembagaan yang terbangun, tetapi juga mitra-mitra dengan kalangan dosen dan karyawan sebagai nasabah. Apalagi, kampus ini letaknya sangat strategis,” katanya.

Mengenai rencana kerja sama dalam pembayaran uang perkuliahan, ia mengaku ke depan akan dijajaki dengan pembicaraan yang lebih intens sehingga mahasiswa bisa lebih nyaman dalam membayar biaya kuliahnya.

“Jumlah mahasiswa Unimus belakangan ini terus mengalami kenaikan yang signifikan. Setiap tahun (jumlah mahasiswa, red.) pasti bertambah seiring dengan proses akreditasi di masing-masing program studi,” pungkasnya.
Editor: Mahmudah

http://www.antarajateng.com/detail/sasar-konsumen-kampus-bank-jateng-buka-kantor-kas-di-unimus.html