Definisi

e-Samsat adalah Sistem dan Mekanisme Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) diwilayah Jawa Tengah yang dibangun secara online untuk memudahkan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor melakukan pembayaran secara Online melalui Channel :

  • ATM (Automatic Teller Machine) Bank Jateng;
  • Teller yang dapat diakses di Kantor Cabang, Cabang Pembantu, Kantor Kas dan Payment Point;
  • EDC Bank Jateng yang ditempatkan di Kantor Cabang, Cabang Pembantu, Kantor Kas, Payment Point;
  • Bank Jateng e-Money Apps yang aplikasinya dapat diakses oleh Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan cara melakukan download melalui Google Play Store aplikasi Bank Jateng, e-Money Apps.
  • ATM (Automatic Teller Machine) Bank Lain, antara lain : Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI ’46, Bank BTN, Bank BCA, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, (akan digunakan apabila e-Samsat Nasional telah live)

Syarat & Ketentuan

Sebelum melakukan pembayaran e-Samsat Wajib Pajak harus mempunyai id billing yang didapat, melalui aplikasi SAKPOLE. Aplikasi ini dapat di download melalui Google Play Store. SAKPOLE adalah Singkatan dari Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online yaitu sebuah Aplikasi yang dikembangkan dan dikelola oleh BPPD Provinsi Jawa Tengah, Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan PT Jasa Raharja (Persero) yang memanfaatkan smartphone android sebagai media untuk memberikan informasi secara online berupa identitas dan Pajak Kendaraan Bermotor, Pendaftaran, Pembayaran dan Pengesahan STNK secara online;

Aplikasi SAKPOLE menerbitkan Kode Bayar / ID Billing bagi Wajib Pajak guna keperluan pembayaran PKB, setelah berhasil melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dengan aplikasi e-Samsat, Wajib Pajak mendapatkan bukti transaksi berupa RESI pembayaran. Resi pembayaran wajib ditukarkan dengan SKPD untuk mendapatkan pengesahan di SAMSAT induk dan SAMSAT Pembantu (Maksimal 14 hari Kerja).