Permudah Bayar Pajak Kendaraan, Bank Jateng Godok Aplikasi Android

Bank Jateng tengah menggodok aplikasi pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) yang bisa diakses menggunakan ponsel berbasis android.

Aplikasi tersebut ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2017 ini, sehingga tak perlu lagi ada yang mengantri membayar pajak.

Direktur Operasional dan Syariah Bank Jateng, Hanawijaya menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan aplikasi berbasis android untuk pembayaran pajak kendaraan.

“Jadi hanya ketikkan nomor seri mobilnya, bisa langsung lari ke hostnya di Polda Jateng yang memiliki datanya,” jelas dia, disela-sela pengundian Gebyar Hadiah Samsat, di CFD Jalan Pahlawan Semarang, Minggu (5/2/2017).

Setelah melalui proses pembayaran, bukti bayarnya bisa dibawa ke kantor Samsat terdekat untuk dicap bagian belakang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Dengan konsep itu, kata dia, antrian panjang yang terjadi umumnya setelah Lebaran bisa ditekan.

Sebab, melalui aplikasi pembayaran menggunakan android bisa dilakukan 24 jam tanpa menunggu kantor Samsat buka.

“Seperti Lebaran tahun lalu, libur satu minggu ditambah weekend empat hari jadi total 10 hari libur. Setelah itu antriannya menjadi panjang,” jelas dia.

Dia mengharapkan, kemudahan aplikasi yang dibuat Bank Jateng bekerjasama dengan Polda Jateng, dan Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Jateng tersebut dapat mengurangi antrian dan kemudahan dalam membayar pajak.

Sehingga, bagi masyarakat yang sukses di luar Jawa Tengah dapat juga membayarkan pajak kendaraan orang tuanya. “Anak Jawa Tengah yang sukses di luar Jawa mau bayarkan pajak kendaraan keluarganya bisa dilakukan jarak jauh. Tapi khusus untuk tahun ke dua sampai empat, sedangkan tahun berikutnya tidak,” ucapnya