Perbaiki Jalan, Grobogan Kredit Bank Jateng Rp200 Miliar

 

Semarang, ANTARA JATENG – Pemerintah Kabupaten Grobogan mendapatkan pinjaman atau kredit dari Bank Jateng sebesar Rp200 miliar yang seluruhnya digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan dengan harapan terjadi peningkatan laju pertumbuhan ekonomi dan daya saing daerah.

“Jalan Grobogan sudah terlalu parah dan harus dilakukan percepatan pembangunan. Perlu solusi pembiayaan yakni dengan kredit pemerintah daerah,” kata Bupati Grobogan Sri Sumarni seusai penandatangan perjanjian kredit pemerintah daerah antara Pemkab Grobogan dengan Bank Jateng Kantor Cabang Purwodadi di Semarang, Rabu.

Sri Sumarni mengaku pinjaman ke Bank Jateng sebesar Rp200 miliar tersebut dimaksudkan untuk menggenapi total anggaran pembangunan infrastruktur jalan dengan total panjang 1.500 km sebesar Rp396 miliar yang berasal dari APBD dan DAK.

Sebelum mengajukan kredit pemerintah daerah tersebut, Sri Sumarni mengaku telah meminta persetujuan dari DPRD Kabupaten Grobogan, Gubernur Jateng, dan sudah melakukan pemaparan di hadapan menteri dalam negeri.

“Alhamdulillah hari ini bisa diterima kerja sama dengan Bank Jateng. Rp200 miliar untuk pembangunan ruas jalan yang semuanya nanti dicor. Sekarang sudah tahap lelang. Semoga pengerjaannya bisa sesuai jadwal,” katanya.

Direktur Bisnis Bank Jateng Pujiono menjelaskan bahwa pinjaman Pemkab Grobogan kali ini merupakan untuk yang kedua kalinya setelah di tahun 2008 sebesar Rp95 miliar yang pemanfaatnya juga untuk pembangunan infrastruktur jalan.

“Bunga kredit pemerintah daerah 8,75 persen per tahun atau 2 persen di atas deposito pemda. Bunga itu bukan flat, tetapi berdasarkan saldo debit yang digunakan,” katanya.

Kredit Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan, lanjut Pujiono, merupakan kredit pertama di tahun di 2017 dan diharapkan diikuti oleh pemerintah daerah lainnya, karena sudah ada tiga daerah yakni Purworejo, Slawi, dan Kendal yang masih dalam proses.

“Purworejo nilainya Rp50-an juta, sementara yang lainnya masih dalam proses dan dihitung. Jadi pemerintah daerah bisa memanfaatkan kredit ini yang diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur,” demikian Pujiono.

Editor : Nur Istibsaroh

http://m.antarajateng.com/detail/perbaiki-jalan-grobogan-kredit-bank-jateng-rp200-miliar.html