Penyaluran KMJ 25 Bank Jateng Karanganyar hampir separuh dari target

Jawa Tengah – Penyaluran program Kredit Mitra Jateng (KMJ) 25 di Kantor Bank Jateng cabang Karanganyar hampir menyentuh nominal Rp 4,5 miliar. Pencapaian tersebut dinilai menunjukkan tren positif lantaran target penyaluran program solusi permodalan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Karanganyar itu sebesar Rp 10 miliar pada 2017.

Menurut Pimpinan Bank Jateng Cabang Karanganyar Suwanto, KMJ 25 dengan plafon kredit maksimal Rp 25 juta, bunga rendah sebesar 7 persen per tahun, dan tanpa agunan, dimanfaatkan betul oleh masyarakat Karanganyar yang memiliki usaha kecil. Adapun kredit bermasalah alias Non Performing Loan (NPL) hingga saat ini masih nol persen.

“Selama ini cukup bagus. Lancar semuanya. Penyaluran KMJ 25 di Karanganyar hampir Rp 4,5 miliar dengan debitur sebanyak 175 orang. Kalau limit (pinjaman) tergantung kemampuan masing-masing debitur. Ada yang Rp 25 juta, ada juga Rp 20 juta. Sedangkan penyaluran kredit per Februari mencapai Rp 785 miliar,” ujarnya, Senin (10/4).

Ditanya soal pembukaan Kantor Cabang Pembantu (Capem) Bank Jateng di Gondangrejo, Suwanto mengaku optimis dapat meningkatkan pelayanan masyarakat terhadap kebutuhan jasa dan produk perbankan, termasuk kepada PNS.

“Dari pengamatan kami Gondangrejo ini potensial sekali. Pertumbuhannya luar biasa. Dari sisi PNS-nya juga cukup banyak, di mana selama ini masih dibiayai wilayah Gemolong (Sragen), Boyolali, dan Surakarta. Sehingga keberadaan kantor capem ini akan lebih meningkatkan pelayanan kami, termasuk kepada masyarakat,” ucapnya.

Dengan berdirinya kantor capem di Gondangrejo, sambung Suwanto, Bank Jateng Cabang Karanganyar saat ini sudah memiliki 5 kantor capem. Meliputi, kantor Bank Jateng Capem Jatipuro, Karangpandan, Kerjo, dan Palur. Pihaknya juga tertantang untuk membuka kantor capem baru di wilayah Kecamatan Colomadu.

“Sesuai harapan Bapak Bupati (Juliyatmono), Bank Jateng Cabang Karanganyar juga diminta buka di Colomadu. Pasalnya disana juga ramai, pusat bisnis, sehingga bisa membantu UMKM. Targetnya mudah- mudahan tahun ini,” sambungnya memberi sinyal pembukaan kantor capem baru Bank Jateng di Karanganyar. (Dit)