Nelayan Purworejo Bisa Nikmati Kredit Bank Jateng

PURWOREJO (KRjogja.com) – Bantuan modal berupa kredit dari Bank Jateng Cabang Kabupaten Purworejo kini juga akan mengakses pada usaha bidang kelautan, terutama para nelayan. Mereka bisa mendapatkan bantuan permodalan dengan sistim kelompok.

“Kita memberikan kesempatan kepada para nelayan, terutama yang tergabung dalam kelompok untuk dapat mengakses modal dari Bank Jateng,” kata Wakil Kepala Bang Jateng Cabang Purworejo Juniar Shubchi usai kegiatan puncak HUT Bank Jateng ke-54 di kantor bank setempat, Kamis (6/4).

Selama ini lanjut Junia Shubchi, akses kredit untuk permodalan usaha masyarakat lebih banyak pada program Kredit Mitra 25, dimana untuk Bank Jateng Cabang Purworejo telah melampaun target penyaluran. “Target awal kita akan menyalurkan kredit sebesar Rp 10 miliar, namun dalam praktiknya kini kredit itu sudah mencapai Rp 11 miliar lebih dengan jumlah nasabah sekitar 500 orang,” jelasnya. Kredit ini lanjut Juniar Shubchi, ditujukan untuk para pelaku usaha rakyat dari berbagai jenis usaha. Dan di wilayah Purworejo lebih banyak pada usaha jasa dan kelontong. “Kredit ini maksimal Rp 25 juta per orang, namun kegiatan usahanya terus dipantau. Sehingga jika perkembangannya cukup bagus dan masih membutuhkan suntikan modal, masih bisa dilayani,” paparnya.

Sementara itu dalam HUT kali ini Bank Jateng Purworejo juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim, serta bingkisan kepada para juru kebersihan. Disamping pula berbagai kegiatan yang bersifat internal, dan lainnya. (Nar)