Nelayan Akan Jadi Prioritas Kredit Bunga Rendah Bank Jateng

Semarang, Menjadi sektor perbankan yang menguasai penyaluran kredit dengan suku bunga rendah, Bank Jateng mengaku masih akan melakukan sejumlah pembenahan di sektor literasi keuangan yang terbilang masih rendah. Direktur Utama Bank Jateng, Suprayotno mengatakan dengan pembenahan literasi keuangan jelas akan mendorong penyerapan kredit suku bunga rendah.

“Kami saat ini juga sedang melakukan kalkulasi atas strategi untuk menurunkan suku bunga kredit dibawah 10 persen untuk sektor industri. Penurunan tersebut dari rata – rata sebesar 11,5 persen.” tambahnya

Untuk memperluas penyerapan kredit berbunga suku rendah, sejalan dengan sejumlah strategi literasi keuangan tersebut, Bank Jateng juga mulai melirik beberapa sektor industri potensial yang selama ini belum tergarap. Tiga diantaranya adalah sektor pariwisata, perikanan, dan pertanian. Titik beratnya adalah di sektor perikanan yang ada di wilayah pantai utara.

“Banyak nelayan yang ingin membutuhkan layanan kredit suku bunga rendah , terutama setelah pelarangan penggunaan alat tangkap cantrang. Jelas banyak nelayan yang butuh kredit modal untuk pembiayaan peralatan baru.”pingkasanya (MJ-303)