Melalui Agen Duta di Desa, Nasabah Tak Perlu Lagi Datang ke Bank Jateng untuk Bertransaksi

Sejumlah orang terlihat sedang duduk sambil menunggu antrean teller di Bank Jateng Kudus. Tidak jauh dari ruangan itu, tampak sejumlah karyawan sedang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Di sudut ruangan tersebut, berdiri sebuah x-benner dengan ukuran 60×180 sentimeter bertuliskan agen Depot Uang Transaksi Aman (Duta)

Kepada Seputarkudus.com, pemasaran Bank Jateng Kudus Mahendra Prawira (25), sudi berbagi penjelasan terkait program tersebut. Dia mengatakan, Agen Duta Laku Pandai merupakan progam untuk mendekatkan Bank Jateng dengan nasabah. Dengan adanya agen tersebut, nasabah tidak perlu lagi bersusah payah untuk datang menabung di bank.

“Sebenarnya ini bagian dari cara kami agar lebih dekat dengan nasabah. Agen-agen kami pun lokasinya di Desa. Jadi, bagi masyarakat yang ingin menabung maupun melakukan transaksi, tidak perlu bersusah payah lagi, cukup datang ke agen terdekat maka semua bisa dilayani,” ungkap Hendra sewaktu ditemui di kantor Bank Jateng Kudus, Jalan Jendral Sudirman, Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kudus.

Hendra mengatakan, khusus Bank Jateng Kudus, layanan itu tergolong masih baru, yakni mulai Januari 2017. Tujuan yang hendak dicapai yakni mempermudah layanan perdesaan untuk menabung di bank. “Kadang kan ada masyarakat yang ingin menabung tapi aksenya jauh. Jadi dengan progam ini masyarakat akan lebih praktis menabung,” ujar Hendra.

Dia menjelaskan, layanan yang bisa dilakukan di agen ini berbagai macam. Meliputi pembukaan rekening, setoran tunai, tarikan tunai, transfer dari rekening Bank Jateng ke rekening lain, pembelian pulsa, pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB), pembayaran mahasiswa dan pembayaran lainnya.

Hendra menambahkan, untuk menjadi bagian dari agen DUTA, pihaknya memberikan berbagai syarat yang harus dipenuhi masyarakat. Syarat tersebut di antaranya bertempat tinggal di Kudus, memilki usaha dan membuka rekening untuk deposit transaksi. “Kalau sementara ini, dari data yang sudah kami catat, kami sudah memilki 16 agen di penjuru desa di Kudus. Bagi agen yang mendaftar, nanti juga bisa mendapatkan penghasilan sebagai agen” tambahnya.