Komisi A DPRD Kalteng Belajar Tata Kelola Keuangan ke Jateng

Palangka Raya – Komisi A DPRD Kalimantan Tengah melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Di sana, mereka akan mempelajari tata kelola keuangan daerah yang sudah dikembangkan.

Ketua Komisi A DPRD Kalteng, Freddy Ering menyebutkan sejumlah hal terkait tata kelola keuangan pemerintah daerah akan mereka pelajari. Di antaranya adalah bagaimana menggali pendapatan daerah, terutama menyangkut pajak kendaraan bermotor.

“Kita ingin tahu, kemudahan-kemudahan apa yang bisa diberikan kepada pembayar pajak,” ujar legislator PDI Perjuangan itu kepada KALAMANTHANA, Kamis (23/2/2017).

Selain itu, menurut Freddy Ering, komisinya juga mengunjungi Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah alias Bank Jateng. Di sini mereka berharap bisa mengetahui sistem pengelolaan yang sangat mungkin bisa mendorong perkembangan kemajuan Bank Kalteng.

“Bank Jateng yang miliki pemerintah daerah Jawa Tengah, sistem pengelolaannya kami nilai cukup baik. Patut ditiru oleh Bank Kalteng,” tambah Freddy Ering.

Salah satu tokoh penting PDIP Kalteng itu menyebutkan, ke depannya hasil pertemuan dan kunjungan kerja ini akan dibicarakan dengan Gubernur Sugianto Sabran. Dia bahkan menggagas pertemuan antara Sugianto dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk menjalin kerja sama kemitraan yang saling menguntungkan daerah.

“Banyak peluang usaha yang bisa menguntungkan Kalteng bila ada kesepakatan kerja sama antara provinsi Kalteng dengan Jateng,” tambahnya pula. (dni)