Ganjar Tantang Pedagang Ramaikan Pasar

Wonogiri – Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP memberikan tantangan kepada pedagang Pasar Kota Wonogiri untuk dapat meramaikan pasar. Khususnya di lantai tiga yang selalu kelihatan sepi pengunjung. Dia berjanji akan memberikan bantuan jenset dan alat pemadam kebakaran jika para pedagang mampu menjawab tantangan tersebut.

“Iso ora jenengan bantu Pak Bupati, sing lantai telu niku piye carane ben rame. Nek mung jenset rego Rp 25 juta tak kei karo pemadam kebakaran,” katanya menanggapi permintaan Ketua Perhimpunan Pedagang Pasar Kota Wonogiri Utomo Luhur Suryanto yang meminta bantuan jenset, pemadam kebakaran, dan CCTV pada acara Ngopi Bareng Gubernur bersama masyarakat dan pedagang di Pasar Kota Wonogiri, Kamis (2/3).

Ganjar juga memberikan ide agar pasar tersebut bisa ramai pengunjung, yakni dengan melakukan penataan dan membuat sentra kulinet di lantai tiga pasar. Agar lebih menarik pembeli, pengelola pasar maupun pedagang bisa mencari sponsor untuk undian. Namun, rencana tersebut harus dirembug bersama-sama dengan pedagang lain dan Dinas Pasar setempat agar konsep ide dapat dimatangkan.

Didadike pusat kuliner, nek perlu digoleke sponsor, umpama Bank Jateng nyeponsori sepeda motor, sapa sing jajan enthuk kupon terus diundi enem wulan,” terangnya.

Menurut Ganjar tantangan tersebut agar pedagang dapat lebih mandiri dan tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah. Karenanya, mereka harus bisa berpikir kreatif untuk merangsang masyarakat datang ke pasar, seperti membuat hiburan atau kesenian yang dapat menarik pengunjung.

Dalam acara tersebut, gubernur juga meminta pedagang agar tidak lagi meminjam uang dari rentenir atau biasa disebut bank tithil karena justru akan memberatkan mereka dengan bunga yang tinggi. Mereka diminta untuk meminjam modal di Bank Jateng melalui program Mitra Jateng 25. Selain persyaratannya mudah dan tanpa agunan, pedagang juga dapat berkonsultasi dengan pihak Bank Jateng agar dapat mengembangkan usahanya.

Bank Jateng juga diminta untuk membuat terobosan jemput bola kepada pedagang-pedagang kecil agar mereka bisa terhindar dari rentenir. Hal ini karena banyak pedagang yang enggan meminjam modal di Bank Jateng karena tidak punya jaminan.

http://haluannews.com/read/8930/ganjar-tantang-pedagang-ramaikan-pasar.html