Foto Hitam Putih raih juara 1 Lomba Foto Bank Jateng

Bertempat di Loby Kantor Pusat Bank Jateng di Jl. Pemuda Semarang, Bank Jateng kembali gelar lomba fotografi 2017 yang dilaksanakan tanggal 2 April 2017. Animo peserta cukup tinggi, bahkan sejak pagi peserta lomba sudah berdatangan. Tujuan lomba adalah sebagai bentuk dukungan Bank Jateng terhadap pengembangan industry kreatif fotografi. “ Lomba foto ini menjadi rangkaian acara HUT Bank Jateng yang ke 54. Animo masyarakat tahun ini lebih bagus dari sebelumnya dimana yang registrasi lebih dari 210 fotografer di Semarang dan sekitarnya”, Kata Wijoyo, selaku ketua panitia lomba mewakili Direksi Bank Jateng.

Total hadiah mencapai 15 juta. Sambil menunggu proses penjurian, peserta dihibur dengan penampilan DJ Ratri Princessa, Alexis Dance dan hunting model yang menampilkan Emily, Chezzy, Azzie, Annie dan Intan dengan konsep kebaya. Disamping itu peserta juga diuji keberuntungannya dengan undian doorprize sebanyak 54 item. “ event ini kami gelar sebagai wadah komunikasi antar komunitas fotografer di Semarang”, Kata Wijoyo.

Tema yang dilombakan adalah Bank Jateng dan tempo dulu. “ Kami ingin masyarakat khususnya fotografer mengenal lebih dekat Bank Jateng, apa saja produk dan layanannya melalui visualisasi foto”, Kata Suharto, salah satu panitia lainnya. Sedangkan tema Tempo Dulu sengaja dilombakan untuk menantang kreatifitas fotografer mendapatkan hasil foto terbaiknya. Dewan juri yang terdiri dari Sutomo (Suara Merdeka), Randry Tama (fotografer professional) dan Bambang James cukup sulit menentukan pilihan. “Foto yang masuk bagus-bagus,”, komentar Sutomo. Foto dinilai dari sisi kreatifitas, kesesuain tema, komposisi dan keunikan.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, Juara 1 dan 2 diraih Ahmad Hidayat (Semarang) dan Yersinada Arya (Semarang). Juara 1 mengambil konsep hitam putih dengan obyek yang difoto berupa bangunan lama di kawasan kota lama Semarang. Juara 3 diraih Budi Pras (Banjarnegara). Sedangkan harapan 1 diraih Neti S. Panca Dewi (Semarang), Harapan 2 Aji Patria Jati (Semarang) dan Leo Giri Sasana (Wonogiri). Masing-masing mendapat hadiah berupa tabungan Bima, sertifikat dan piala.

“kami berharap, event seperti ini dapat kembali di gelar di tahun –tahun mendatang dan menghasilkan karya-karya fotografi yang semakin baik lagi”, kata Wijoyo didamping Dewan Juri.