Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi

Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (DESTIKA) Kabupaten Pemalang Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh DISKOMINFO Kab. Pemalang bersama Kementrian DISKOMINFO, Kementrian Pariwisata, Kementrian Desa dan diSponsori penuh oleh Bank Jateng. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menginformasikan atau memperkenalkan kepada masyarakat luas terkait dengan pelayanan publik dipedesaan yang sudah menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta mempromosikan penerapan e-Goverment Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui pemanfaatan ruang informasi dan data atau Commad Room, sebagai bahan analisa data bagi pengambilan kebijakan Pemerintah Daerah dalam perencanaan pembangunan.

Ada beberapa tujuan umum yaitu
1.memberikan informasi dan pengetahuan mengenai regulasi terbaru dan pengembangan TIK di Pemerintah Daerah dan pedesaan.
2. Mempromosikan pusat data atau ruang informasi dan data sebagai implementasi dari penerapan e-Goverment dalam pengelolaan pelayanan di Kabupaten Pemalang.
3. Memperkenalkan program atau aplikasi terbaru yang digunakan oleh Pemerintah Daerah dan desa dalam meningkatkan pelayanan publik.
4. Memberikan ketrampilan dalam pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi kepada Pemerintah Daerah, Desa dan masyarakat.
5. Mendorong penyelenggaraan keterbukaan informasi publik.
6. Memberikan penghargaan pada desa yang sudah menggunakan IT.
Tempat kegiatan DESTIKA diselenggarakan tanggal 21-23 November 2017 di Desa Pulosari Kabupaten Pemalang. Dihadiri oleh Dirjen KOMINFO dan perwakilan dari kementrian Desa, Kementrian Pariwisata, Perwakilan dari Gubernur Jawa Tengah dan Bupati pemalang Bapak H. Junaedi S.H MM beserta jajaran SKPD Kabupaten Pemalang dan masyarakat sekitar Desa Pulosari.

Bentuk kegiatan Destika Tahun 2017:
1. Seminar dan Lokakarya mengenai regulasi dan pengembangan TIK baik di pedesaan dan Pemerintah Daerah
2. Workshop aplikasi dan pengelolaan website atau sistem informasi desa dan kawasan.
3. Launching Command Room/pusat data dan ruang informasi dan data.
4. Kunjungan kerja ke Puspindes dan Desa TIK di Pemalang.
5. Pameran BUMDes dan Produk Unggulan Daerah.
6. Festival musik, Seni dan Budaya.
7. Lomba video promosi Pariwisata Kabupaten Pemalang.

Tim Pemasaran
Kc. Pemalang

Leave a Comment