Dukung pengendalian inflasi, KMJ 25 sasar petani di lereng Merapi

Jawa Tengah – Bank Jateng cabang Boyolali ikut mendukung program pengendalian inflasi Bank Indonesia (BI) yang menyasar Kelompok Tani Utomo di lereng Merapi. Melalui akses kemudahan modal, pihaknya siap menyalurkan program unggulan yakni Kredit Mitra Jateng (KMJ) 25.

Pimpinan Bank Jateng Cabang Boyolali Aris Setiyawan mengatakan, KMJ 25 yang memiliki bunga rendah sebesar 7 persen per tahun bukan hanya menyasar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), namun juga petani yang membutuhkan modal. Hal itu dia sampaikan disela aksi tanam bawang merah varietas Bima organik oleh BI Perwakilan Solo di Dukuh Jayan, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Selasa (18/4).

“Tahun lalu sudah ada enam petani yang memanfaatkan KMJ 25. Hari ini (kemarin) kita kembali menyalurkannya kepada dua petani lainnya. Total plafon kredit mencapai Rp 140 juta. Ke depan kita akan membantu akses permodalan terhadap kelompok tani wanitanya,” kata Aris.

Salah seorang petani yang menerima KMJ 25, Supriyanto (24) mengaku, sebagai anggota Kelompok Tani Utomo, dia mendapat jatah menanam cabai keriting. Adanya tambahan modal tersebut, dia optimis bisa meningkatkan produksi pertanian.

“Modal sangat penting bagi petani. Apalagi tiap pekan pada hari Senin saya menyetor ke kelompok (Tani Utomo) sekitar 50 kilogram cabai. Harapannya, produktivitas ya meningkat. Sehingga bisa mengembalikan pinjaman,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto mengatakan, pihaknya memang tidak berkompeten dengan pertanian. Namun BI memiliki program pengendalian inflasi melalui pengembangan komoditas pangan yang berkontribusi pada inflasi atau disebut volatile foods. Salah satunya melalui demplot uji adaptasi sistem pertanian organik bawang merah Bima di wilayah lereng Merapi tersebut.

“Program pendampingan dilakukan secara komprehensif dari hulu ke hilir dimulai dari bantuan teknis budidaya untuk peningkatan produktivitas sampai dengan akses pemasaran. Termasuk aspek pendukung seperti akses keuangan dan penguatan kelembagaan. Maka hari ini kita juga mengajak perbankan seperti Bank Jateng,” kata Bandoe. (Dit)

https://jateng.merdeka.com/perbankan/-dukung-pengendalian-inflasi-kmj-25-sasar-petani-di-lereng-merapi-170419w.html