Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno Menerima Penghargaan dari PWI Jawa Tengah Sebagai Bankir Pro Kredit Murah

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah memberikan Piagam Penghargaan kepada Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno sebagai Bankir Pro Kredit Murah.

Salah satu impian bagi kami Bank Jateng adalah bagaimana menggerakkan ekonomi rakyat. Salah satu kendala dari ekonomi rakyat adalah permodalan, disamping juga hal yang lain.

Biasanya UMKM itu kesulitan modal dan kesulitan memenuhi persyaratan agunan. Yang kedua, juga bunganya yang kadang-kadang terlalu tinggi. Oleh karena itu, Bank Jateng menghadirkan Mitra Jateng 25 dengan bunga 7%, kredit maksimum 25 juta, tanpa agunan, tanpa biaya administrasi.

Maksudnya adalah agar rekan-rekan UMKM yang sudah mempunyai usaha bisa cepat melanjutkan usahanya dan meningkatkan usahanya tanpa dipengaruhi atau terkendala oleh hal-hal yang menjadikan mereka tidak bisa maju.

Selama lebih kurang 1,5 tahun ini, outstanding dari kredit Mitra Jateng 25 sudah hampir 350 Milyar dan Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalahnya masih di level kurang dari 1 persen. Artinya apa? Ketika kita percaya kepada mereka yang kita sebut teman-teman UKM (Wong-Wong Cilik) ternyata mereka punya tingkat kejujuran yang tinggi. Oleh karena itu, kedepan kami menjadikan model ini menjadi model bukan hanya bagi yang berpenghasilan rendah atau maksimum kredit 25 juta, akan kita tingkatkan sesuai dengan kemampuan mereka.

Mudah-mudahan upaya Bank Jateng dalam menggerakan ekonomi rakyat dengan cara yang sederhana tapi aman dan juga nyaman bagi mereka, bisa mempercepat proses pertumbuhan ekonomi dan menggerakan ekonomi Jawa Tengah dengan lebih baik dan lebih cepat.

Leave a Comment