Penyaluran Kredit Mitra Jateng di Purwokerto tembus Rp 7,6 miliar
    Jawa Tengah - Peminat kredit Mitra Jateng 25 di Kantor Cabang Koordinator (KCK) Purwokerto makin meningkat pada bulan April ini. Pasalnya, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah tertarik dengan tawaran platfom maksimal Rp 25 juta dengan bunga rendah, hanya 7 persen per tahun.

    "Sepekan ini ada sekitar 50 permintaan kredit. Tim kami berusaha maksimal untuk melayani permintaan dari calon nasabah," kata Tim Analisis Kredit Bank Jateng KCK Purwokerto, Imam Sigit Purnomo, Rabu (19/4). Dia mengatakan, hingga pertengahan bulan April, penyaluran kredit Mitra 25 Bank Jateng di KCK Purwokerto mencapai Rp 7,6 milyar. Angka ini bertambah sekitar Rp 400 juta dibanding bulan Februari. Imam mengatakan, para peminat kredit ini kebanyakan dari perajin, pedagang makanan kecil, pedagang skala kecil di pasar, pelaku usaha batik.

    "Untuk bulan April kami menargetkan bisa menyalurkan KMJ Rp 7,700 milyar," ujarnya.  Dia mengatakan, meski peminat membeludak, Bank Jateng tetap melayani permintaan para pelaku UMKM dengan waktu yang relatif lebih cepat. Imam menyebutkan, dari data Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Dinakerkop UKM) Kabupaten Banyumas tahun 2014, terdapat 66.320 UMKM yang aktif. Pihaknya terus berupaya untuk mendorong para pelaku usaha kecil untuk mengakses permodalan.

    "Pekan lalu sudah sosialisasi ke UMKM di Banyumas. Lalu pedagang di pasar kuliner Pratistha Harsa Purwokerto. Kami akan memaksimalkan di paguyuban pedagang," kata dia. (suk)

    https://jateng.merdeka.com/makro/penyaluran-kredit-mitra-jateng-di-purwokerto-tembus-rp-76-miliar-170419s.html