Bank Jateng

Jawa Tengah - Manfaat kredit Mitra Jateng 25 yang gencar disosialisasikan sejak medio 2016 lalu, kini mulai dirasakan oleh sejumlah pengusaha kecil. Salah satunya Abdul Akhsin, pembudidaya udang, bandeng, dan rumput laut asal Demak.

Kredit Mitra Jateng (KMJ) 25 merupakan salah satu program kredit unggulan dari Bank Jateng dengan bunga rendah hanya 7 persen per tahun. Program ini juga gencar disosialisasikan Gubernur Ganjar Pranowo ke sejumlah daerah di Jawa Tengah saat orang nomor satu di Jateng ini melakukan kunjungan. 

“Terima kasih Kredit Mitra Jateng 25, kemarin prosesnya mudah. Bukan hanya dikasih pinjaman, tapi kita juga diperkenalkan Bank Jateng dengan tim dari Jerman yang mengajari dan mengawasi bagaimana berbisnis yang benar,” tuturnya kepada Ganjar dalam acara Sosialisasi Kredit Mitra Jateng 25 di Pasar Gabeng, Kecamatan Bonang, Demak kemarin.

Akhsin mengaku, dengan adanya pendampingan dari tim Jerman, usahanya yang dirintis sejak 1997 menunjukkan kemajuan yang signifikan. Hal yang sama juga dirasakan pemilik UMKM makanan olahan tradisional bernama Yayuk.

“Terima kasih saya dapat kemudahan dari Bank Jateng. Saya dapat kredit Rp 25 juta, sudah mengangsur empat kali. Angsurannya Rp 775.000. Saya juga dapat pelatihan keuangan dari orang Jerman yang dikenalkan Bank Jateng,” bebernya.

Berkat kredit yang diberikan Bank Jateng, dia mengaku bisa semakin mengembangkan usahanya yang kini beromzet Rp 15 juta sampai Rp 20 juta per bulannya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan, cerita yang disampaikan pelaku usaha kecil itu menjadi bukti komitmen Pemprov Jateng dalam membantu pengusaha kecil agar bisa mengembangkan usahanya.

“Mas Akhsin dan Bu Yayuk tidak hanya utang terus dilepas. Mboten. Njenengan diawasi, diajari, ngene lho carane usaha. Duite dicateti. Dadi nek sedina bakulan entuk pinten, kira-kira bathine pira, sebagian nggo ngliwet, anak sekolah, cadangan, nggo nyaur. Diajari,” kata dia.

Pendampingan yang diberikan, sambungnya, akan membuat para pengusaha kecil paham bagaimana mengelola uang dengan benar. Dengan begitu, mereka akan bisa membayar utang kredit tersebut dengan lancar dan usahanya semakin berkembang.