Layanan Laku Pandai adalah layanan yang diselenggarakan Bank melalui Agen-agen yang sudah bekerjasama dengan sasaran masyarakat yang belum memiliki rekening di Bank dengan produk berupa Tabungan dengan karakteristik basic saving account (BSA) yang disebut BimaKu Pandai. BSA adalah tabungan yang tidak memiliki batas minimum, baik saldo maupun transaksi setor tunai. Dalam penyelenggaraan BimaKu Pandai, Bank bekerjasama dengan dengan Agen Duta.

Maksud
Memberikan akses keuangan pada masyarakat yang belum mengenal atau menggunakan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya. Sebagai akibat jauhnya lokasi tempat tinggal dari kantor bank, keberatan adanya biaya, atau persyaratan yang memberatkan.

Tujuan

Memudahkan masyarakat dalam berhubungan dengan Bank untuk memperoleh Layanan Keuangan


Layanan Laku Pandai

  1. Layanan Laku Pandai dioperasionalisasikan oleh Agen Duta.
  2. Dalam melakukan tansaksi Layanan Laku Pandai, Agen Duta menggunakan perangkat sesuai spesifikasi yang sudah dipersyaratkan oleh Bank.
  3. Agen Duta dapat melakukan layanan sebagai berikut:
    • Pembukaan Rekening Tabungan
    • Setoran Rekening Tabungan
    • Penarikan Rekening Tabungan
    • Pembayaran
    • Pembelian


Jam Layanan dan Tarif Layanan Laku Pandai

  1. Jam Layanan Laku Pandai dimulai jam 08.00 s/d 21.00
  2. Khusus layanan pembukaan rekening mengikuti jam operasional Bank
  3. Transaksi nasabah pada Agen Duta akan dikenakan tarif atau biaya.
  4. Setiap Agen Duta akan mendapatkan sharing fee dalam persentase tertentu atas transaksi yang dilakukan.
  5. Besaran tarif/ biaya transaksi serta sharing fee untuk Agen akan di tetapkan tersendiri melalui Surat Edaran Divisi Dana dan Treasury.

Agen Duta dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Agen Duta Perorangan
  2. Agen Duta Berbadan Hukum

Persyaratan menjadi Agen Duta Perorangan

  1. Bertempat tinggal di lokasi tempat penyelenggaraan layanan Laku Pandai.
  2. Memiliki kemampuan sebagai berikut:
    • Pengetahuan dan pemahaman terhadap kelembagaan Bank dan produk atau jasa Bank sehingga dapat memberikan penjelasan dengan baik dalam melaksanakan kegiatannya,
    • Kemampuan menggunakan electronic device untuk melayani transaksi nasabah termasuk untuk menjelaskan penggunaan electronic device dan/atau instrument layanan Laku Pandai kepada nasabah,
    • Kemampuan untuk membuat pembukuan secara sederhana dan mengelola keuangan pribadi, dan
    • Kemampuan untuk menempatkan sejumlah deposit dan/ atau jaminan dengan besaran Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah)
  3. Memiliki reputasi yang baik, yang dapat dilihat antara lain dari tingkat pengenalan masyarakat sekitar terhadap yang bersangkutan baik karena posisi, pengaruh atau faktor lainnya seperti ketua adat, tokoh agama, pengurus perkumpulan dan/atau tenaga pendidik.
  4. Memiliki kredibilitas dan integritas dapat dilihat antara lain:
    • Memiliki rekam jejak yang baik dari yang bersangkutan dalam berbagai kegiatan seperti tidak pernah ingkar dalam memenuhi kewajiban, tidak memiliki kredit macet, tidak tercantum dalam Daftar Hitam Nasional (DHN), dan/atau tidak pernah melakukan tindak pidana yang telah diputus oleh pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap.
    • Tidak pernah dinyatakan pailit atau menjadi pengurus yang dinyatakan bersalah menyebabkan suatu perusahaan dinyatakan pailit,
    • Memiliki komitmen yang tinggi untuk mematuhi peraturan perundang-undangan,
    • Tidak melanggar ketentuan yang berlaku di tempat calon Agen mendapatkan sumber penghasilan utama terkait dengan pemberian jasa melayani nasabah Laku Pandai,
    • Memiliki kemampuan keuangan, dan/atau
  5. Memiliki sumber penghasilan utama yang berasal dari kegiatan usaha dan/atau kegiatan tetap lainnya selama paling singkat 2 (dua) tahun. Keberlangsungan sumber penghasilan utama atau kegiatan lainnya yang sedang berjalan dibuktikan dengan:
    • Surat pengangkatan sebagai pegawai tetap, surat izin usaha perdagangan dari instansi yang berwenang, atau surat keterangan dari kepala pemerintahan setempat paling rendah dari ketua rukun tetangga (RT) atau kepala adat, bagi Agen perorangan individu, atau
    • Surat izin usaha perdagangan, tanda daftar perusahaan, atau surat keterangan usaha/surat keterangan domisili usaha dari instansi yang berwenang, bagi Agen Duta perorangan/ badan usaha;


Fasilitas Bank Jateng untuk Agen Duta

  1. Memberikan imbal jasa kepada Agen Duta,
  2. Menyediakan sistem aplikasi untuk penyelenggaraan Laku Pandai, dan.
  3. Melakukan edukasi dan pelatihan