PRODUK EKSPOR

Pembiayaan pre-Shipment ( diberikan dengan Kredit Perdagangan Luar Negeri)

Bank Jateng memberikan solusi bagi eksportir yang membutuhkan dana bagi pembiayaan perdagangan jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan modal kerja (pembelian bahan baku, aktivitas produksi dan lain-lain) sebelum pengapalan barang yang terkait dengan jadwal ekspor dan dapat diberikan baik atas dasar L/C (Letter of Credit).

Manfaat bagi nasabah adalah :

  1. Menambah Cash Flow.
  2. Meningkatkan arus kas eksportir dengan membiayai kebutuhan modal kerja, sementara hasil ekspor (proceeds) akan digunakan untuk melunasi fasilitas tersebut.
  3. Memberikan fasilitas pembiayaan kepada eksportir berdasarkan nilai LC (Letter of Credit)*.

*) prosentase atas fasiltas pembiayaan sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Pembiayaan post-Shipment biasa disebut dengan Negosiasi Wesel Ekspor

Bank Jateng menyediakan Post Shipment Financing yang merupakan pembiayaan perdagangan jangka pendek yang kompetitif ditujukan bagi eksportir yang telah melakukan pengapalan barang atas dasar L/C (Letter of Credit).

Manfaat bagi nasabah :

  1. Meningkatkan posisi arus kas eksportir dengan memberikan dana setelah dilakukan pengapalan barang tanpa harus menunggu pembeli untuk melakukan pembayaran.
  2. Solusi efisiensi untuk menegosiasikan dokumen ekspor clean atas L/C (Letter of Credit) yang diterbitkan oleh Bank dan dapat dinegosiasi oleh Bank Jateng

 

Documentary Collection

Jasa lain yang ditawarkan oleh Bank Jateng adalah memberikan jasa penagihan tagihan dokumen ekspor untuk kepentingan eksportir yang memberikan jaminan kepada penjual/eksportir untuk tetap memiliki kuasa atas barang/dokumen sampai diterima pembayaran atau akseptasi atas draft oleh importir melalui banknya.

Manfaat bagi nasabah adalah :

Memberikan keyakinan bagi eksportir agar melakukan pengiriman dokumen dan penagihan hasil pembayaran melalui jaringan internasional dan atau nasional.