CIS PLUT Kebumen kerjasama dengan Bank Jateng Cabang Kebumen bina pelaku UKM Kebumen

Kebumen (5/5/2017): Pelatihan simulasi bisnis mikro kerjasama CIS PLUT Kebumen dengan BPD Bank Jateng Kebumen sudah masuk bulan ke empat. Materi pelatihan ini tentang Pembukuan Keuangan, arus kas, kewirausahaan dsb.

Trainer simulasi Bisnis, Yasin mengatakan bahwa “ antusias peserta UKM Kebumen untuk mengikuti kegiatan ini sangat besar. Peserta UKM diharapkan mengikuti kegiatan ini sampai selesai”.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu Kamis- jumat, 4 s.d 5 Mei 2017. Jumlah peserta sebanyak 15 ukm yang terdiri dari semua pelaku UKM yaitu mulai UKM pangan, perdagangan, jasa dan industri. Pada kesempatan lain Konsultan Bidang Pembiayaan CIS PLUT Kebumen, Agus Mustofa menuturkan bahwa “kita kerjasama dengan Bank Jateng cabang Kebumen sudah bulan keempat. Ini artinya kerjasama simulasi bisnis mikro berakhir di bulan ini. Akan tetapi kerjasama dengan Bank Jateng tetap terus berjalan baik itu dari pembiayaan, pelatihan-pelatihan dengan tema yang lain”.

Agus juga menambahkan bahwa “UKM Kebumen sudah merasakan dampak adanya simulasi keuangan sehingga kami terus mengupayakan untuk menggandeng Bank Jateng dalam hal pembinaan UKM Kebumen”, pungkasnya.

Nia salah satu pelaku UKM bidang olahan ikan, mengatakan bahwa “Kami sangat beruntung bisa mengikuti pelatihan ini, karena kegiatan ini berbeda dengan pelatihan-pelatihan yang lain dan tidak membosankan. Selain itu banyak ilmu terkait pembukuan, keuangan, kewirausahaan kami dapatkan”.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Mikro dan Hubin Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil Kebumen , Drs. H. Akhmad Sudiyono, M.Pd yang dalam hal ini menutup acara ini mengatakan, Pelaku UKM yang ikut pelatihan ini adalah UKM-UKM yang terpilih. Berdasarkan data Dinasnaker KUKM Kebumen, jumlah pelaku UMKM 43.132 UKM, tapi 15 orang inilah yang terpilih. Semoga pelaku UKM setelah mengikuti acara ini bisa mengaplikasikan di usaha panjenengan semua.

“Kami berharap kerjasama ini yang sudah berjalan empat bulan ini ada follow up, walaupun acara yang seperti telah selesai, tapi ada tindak lanjut kegiatan-kegiatan yang arahnya pemberdayaan UMKM, kerjasama dengan CIS PLUT Kebumen”, tuturnya.

Agung, Bank Jateng Kebumen, “Kami berterima kasih atas kerjasamanya dengan PLUT Kebumen, program-program pembiayaan akan kami prioritaskan untuk UKM binaan PLUT Kebumen. Seperti program KMJ 25 ataupun KUP”, pungkasnya.