Bank Jateng siap fasilitasi kredit wirausaha buruh migran Cilacap

Bank Jateng siap memfasilitasi keinginan buruh migran di Cilacap untuk berwirausaha. Program yang digulirkan adalah kredit Mitra Jateng 25 dengan suku bunga sebesar 7 persen per tahun efektif.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, mengatakan untuk mengapresiasi keinginan para buruh migran di Cilacap, Bank Jateng memberikan kredit tanpa agunan dengan bunga terendah se-Indonesia, bunga yang diberikan yaitu tujuh persen per tahun.

“Kredit Mitra Jateng 25, maksimal pinjaman Rp 25 juta dengan bunga tujuh persen dengan jangka waktu selama tiga tahun. Sedangkan Mitra Jateng 02 ini diberikan maksimal pinjaman Rp 2 juta dengan bunga dua persen,” kata pria yang akrab disapa Nano ini.

Perbedaan lainnya sambungnya, untuk kredit Mitra-25 diperuntukkan bagi yang sudah sedikitnya enam bulan berusaha. Sedangkan kredit Mitra-02 diperuntukkan bagi masyarakat yang sedang akan memulai usaha.

”Keduanya kredit tanpa agunan. Agunannya ya usaha mereka. Persyaratannya, cukup mudah yaitu memiliki tempat usaha khususnya izin usaha mikro kecil,” tambahnya.

Dia menambahkan, tujuan disalurkannya kredit ini untuk mempercepat pengentasan masyarakat pra sejahtera. Khususnya, di 15 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang masuk zona merah.

Selain itu, bunga tujuh persen merupakan yang terendah diberikan perbankan di Indonesia. Bunga ini juga tanpa ada subsidi dari pemerintah.

Ketua BMT BMI “Bumi Sejahtera”, Tun Habibah mengatakan, saat ini anggota koperasi untuk buruh migran tersebut berjumlah lebih dari 700 orang. Beberapa anggota membentuk kelompok usaha yang berjumlah 10 buah.

“Ada yang menjahit, kerajinan, makanan ringan, salon, teralis dan bakso. Omzet tahun 2016 lalu mencapai Rp 200 juta,” ungkapnya.

Menurut Habibah, pihaknya tertarik dengan kemudahan kredit yang ditawarkan Bank Jateng. Pasalnya, di Cilacap sudah ada kelompok yang sukses membangun usahanya karena mendapat bantuan permodalan dari bank tersebut.

“Kami masih harus mengurus akta notaris untuk BMT Bumi Sejahtera. Agar bisa menjadi Mitra Bank Jateng,” katanya.