Bank Jateng hadirkan suasana medan pertempuran pada upacara HUT RI ke 72

Ada yang unik dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh Bank Jateng, Kamis (17/8). Betapa tidak, upacara yang dilangsungkan di halaman Kantor Bank Jateng Jalan Pemuda tersebut dipimpin oleh Bung Karno.

Terlihat Bung Karno memimpin upacara berpakaian setelan hijau tua mengenakan peci serta berkacamata hitam lengkap dengan tongkat komando di tangannya. Seluruh peserta upacara juga mengenakan pakaian khas masa perjuangan.

Namun, sosok gagah pemimpin upacara tersebut bukanlah Bung Karno Sang Proklamator, melainkan Supriyatno Direktur Utama Bank Jateng yang bertindak memerankan sosok Bung Karno dalam perayaan HUT ke-72 kemerdekaan RI.

Sejumlah peserta upacara juga meniru dandanan tokoh pejuang kemerdekaan, mulai dari Jenderal Soedirman, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, dan lainnya. Selain itu ada juga yang menirukan tenaga medis, hingga pejuang pribumi yang bersenjatakan bambu runcing.

Dalam perayaan yang bertemakan perjuangan tersebut juga semakin didukung dengan lokasi upacara yang didekor seperti medan pertempuran dengan menempatkan mobil perang, karung pasir hingga kawat berduri.

“Ini merupakan panggilan sebagai putra bangsa untuk mengisi kemerdekaan. Ada baiknya menengok ke belakang dengan menghadirkan suasana kemerdekaan,” sebut Supriyatno, seusai upacara.

Nano, sapaan akrabnya menyebutkan, tema perjuangan ini diambil untuk menjadi motivasi bagi seluruh karyawan Bank Jateng dalam ikut serta membangun Jawa Tengah.

Tidak hanya di Kantor Pusat Bank Jateng, upacara dengan tema serupa juga dilakukan serentak di sejumlah Kantor Cabang Bank Jateng di daerah.

“Mereka bebas mengeksplorasi untuk jadi apa pun yang mereka inginkan. Ini merupakan salah satu cara ampuh untuk mengungkap rasa kemerdekaan di hati masing-masing. Kalau sudah begini, tidak ada lagi radikalisme dan terorisme,” jelasnya.

Sumber : https://jateng.merdeka.com/makro/bank-jateng-hadirkan-suasana-medan-pertempuran-pada-upacara-hut-ri-ke-72-170818x.html

Video :