Bank Jateng ditunjuk Kemenkeu jadi penyalur gaji abdi negara

Jawa Tengah – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah atau Bank Jateng ditunjuk menjadi bank penyalur gaji secara terpusat untuk menyalurkan gaji PNS/TNI/POLRI oleh Kementerian Keuangan. Kerja sama tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) kepdirjen Perbendaharaan Nomor: KEP-164/PB/2017 tanggal 21 Maret 2017.

Perjanjian Kerja Sama diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono kepada Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (BPD Jateng), Supriyatno, kemarin.

Nantinya Bank Jateng akan menyalurkan untuk 5.689 pegawai yang berasal dari 106 satuan kerja di 10 KPPN kantor wilayah ditjen perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah.

Direktur Pengelolaan Kas Negara, Rudi Widodo mengatakan bahwa penyaluran gaji PNS terpusat dilakukan dengan sistem baru yang dinamakan Host to Host.

“Kalau dulu sebelum Host to Host itu kami dari kas negara itu menyediakan gajinya harus memindahbukukan ke cabang-cabang BPD Jateng di semua kota yang ada di Jateng, tapi sekarang dengan Host to Host kami hanya memindahbukukan ke satu cabang saja yang ditunjuk,” kata Rudi, di Gedung Prijadi Praptosuhardjo, Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat.

Ia menambahkan nantinya cabang yang telah ditunjuk tersebut secara otomatis memindahbukukan kepada seluruh PNS dalam waktu yang singkat.

“Dan itu waktunya sangat cepat sekali, jadi artinya secara teknologi dan layanan PNS yang memiliki rekening gaji di BPD Jateng menjadi sangat terpuaskan karena tidak akan pernah ada gaji yang telat dengan kemajuan sistem,” terang Rudi.

Rudi menjelaskan, sistem penyaluran gaji terpusat secara Host to Host ini berlaku di semua cabang Bank Jateng di seluruh Indonesia.

“Berlaku untuk BPD Jateng beroperasi di mana saja, jadi kalau BPD Jateng itu beroperasi di seluruh Indonesia artinya kewenangan yang ada di dalam PKS itu juga berlaku untuk seluruh wilayah operasinya,” tandas Rudi.

(PU)

https://jateng.merdeka.com/perbankan/bank-jateng-ditunjuk-kemenkeu-jadi-penyalur-gaji-abdi-negara-1704267.html