Bank Jateng Diminta Jadi Konsultan Finansial Dana Desa

Semarang, ANTARA JATENG – Bank Jateng diminta menjadi mitra atau konsultan finansial bagi semua pihak dalam pengelolaan dana desa di masing-masing daerah.

“Dalam kaitan pengelolaan dana desa, Bank Jateng telah dan akan terus meningkatkan peran sebagai mitra bagi pemerintah, baik pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, serta pemerintah desa di Jateng,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Senin.

Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan salah satu program transformasi Bank Pembangunan Daerah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo beberapa tahun lalu.

Ganjar menyebutkan bahwa Bank Jateng memiliki peran besar dalam menggerakan perekonomian dan mendorong pembangunan daerah melalui beragam program seperti kredit bunga rendah dan pengelolaan dana desa di Jateng.

“Saya punya mimpi usaha kecil menengah di Jateng bisa lebih berkembang, masyarakat mandiri dengan memanfaatkan berbagai peluang usaha,” ujarnya.

Bank Jateng, kata Ganjar, telah merealisasikan dalam program suku bunga rendah yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Ganjar mengharapkan, para pelaku UMKM di Jateng memasarkan produknya secara “online” dengan memanfaatkan berbagai media sosial.

“Melalui ‘online’, produk yang ditawarkan juga mampu menjangkau calon konsumen dalam hingga luar negeri,” katanya.