Bank Jateng buka kantor kas syariah di Unimus

Jawa Tengah – Direktur Operasional dan Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Jateng Hanawijaya meresmikan pembukaan Kantor Kas Syariah di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Rabu (12/4). Dengan peresmian ini Bank Jateng Syariah sudah memiliki 165 jaringan kerja syariah, 4 cabang syariah, 9 capem syariah, 7 kantor kas, dan 145 layanan syariah.

Sementara untuk kerjasama dengan Muhammadiyah, Hanawijaya mengatakan sudah ada 24 amal usaha. “Pada kesempatan ini Bank Jateng juga memberikan bantuan Rp 100 juta untuk pembangunan Masjid At-Taqwa,” jelasnya.

Dia berharap kerjasama dengan Muhammadiyah bisa lebih erat dan bermanfaat untuk umat.

Ditambahkan, Unit Usaha Syariah Bank Jateng memiliki peranan untuk kemajuan bank Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Di antaranya dari total aset Rp 51,25 triliun, sumbangan dari UUS sebesar Rp 3,09 triliun, Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 2,17 triliun dari total Rp 38,05 triliun. Sementara untuk pembiayaan dari Rp 36,16 triliun, UUS menyumbang Rp 1,3 triliun. “Dan laba usaha Rp 1,14 triliun, UUS memberikan Rp 28,36 miliar,” ucapnya.

Hanawijaya mengatakan, peresmian Kantor Kas Syariah Unimus bertujuan memberikan pelayanan dan manfaat terutama kepada nasabah dan keluarga besar Muhammadiyah. “Kami berharap jaringan syariah Bank Jateng terus berkembang dengan strategi khusus, pembukaan kantor-kantor baru akan terus dilakukan,” ucapnya.

Dengan demikian, layanan syariah dapat dirasakan umat Islam dari segala jaringan. (ade)