Ada Bank Mini, Bikin Siswa Smansa Purwodadi Jadi Gemar Nabung

Grobogan – Adanya sebuah bank mini di SMAN 1 (Smansa) Purwodadi ternyata membawa imbas positif. Yakni, keberadaan bank mini ini membuat minat siswa untuk menabung mulai meningkat.

Bank mini yang ada di sekolah favorit tersebut dibuka bekerjas ama dengan Bank Jateng Cabang Purwodadi. Dengan adanya bank mini tersebut, semua siswa wajib memiliki buku tabungan.

“Launching bank mini ini dilangsungkan akhir tahun 2015 lalu. Jadi, sampai sekarang sudah jalan setahun lebih 3 bulan,” kata Kepala SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat, Senin (3/4/2017).

Dijelaskan, semua tenaga operasional bank mini adalah siswa dan didampingi oleh guru. Sebelumnya, siswa yang ditunjuk sebagai pengelola sudah diberikan pelatihan oleh pihak Bank Jateng.

Adanya bank mini ternyata membawa dampak menggembirakan. Sebab, grafik siswa untuk menabung mulai naik. Dari 1.000 lebih siswa Smansa, jumlah penabung aktifnya sekitar 70 persen.

“Tujuan utama bank mini ini adalah membudayakan siswa agar rajin menabung. Dengan adanya bank yang ada di sekolahan memang memudahkan bagi siswa yang ingin menabung. Sebab, mereka bisa menabung di bank mini yang dibuka ketika jam istirahat,” jelasnya.

Editor : Ali Muntoha